Sunday, September 18, 2016

Kreasi Burger Daging Kerbau ala BarapiGrill

Berita ini berasal dari Repubika Online www.republika.co.id
Silahkan klik disini untuk membaca langsung dari Republika Online

Membuat Hamburger dari Daging Kerbau? Ini Caranya













REPUBLIKA.CO.ID,  Hamburger berisi daging kerbau memang tak lazim terdengar. Namun bukan berarti tak bisa membuat menu hamburger dari daging kerbau. Chef Barapi Meat & Grill, Mohammad Iqbal mengungkapkan, tidak ada hal berbeda dalam penyajian antara daging sapi dan daging kerbau. Namun memang diakuinya agak sulit menghasilkan daging kerbau yang empuk.

Hamburger dari daging kerbau pertama kalinya dicoba oleh Barapi Meat & Grill saat demo masakan di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Jumat (2/9). Iqbal mengatakan  Setelah dilakukan percobaan beberapa kali selama empat hari, barulah dia menemukan cara tepat.
Menurut dia, pihaknya hanya mencoba mencincang daging kerbau saat masih sangat segar. Cincangan ini tidak boleh dibiarkan dan harus langsung disimpan di pendingin. Sesudahnya, pihaknya bisa menggoreng, membakar atau memanggangnya.

“Bumbu yang kita pakai itu bumbu negara empat musim karena hamburger memang dari luar negeri,” kata dia. Bahannya sederhana, dari herb, merica, mustard, paprika dan sebagainya. Roti yang digunakan sama pada umumnya, yakni agak manis. Namun untuk dagingnya, dia mengaku, hanya mengambil bagian tenderloin dan rib eye yang telah dihilangkan lemaknya. Di samping itu, terdapat pula tomat, keju slice, tomat dan mayonnaise.

Cara memasaknya sama seperti biasanya, yakni menyiapkan satu potong roti sambil menunggu pemanggangan patty kerbau. Proses ini pun tak perlu lama, hanya empat menit. Setelah potongan roti siap, letakan irisan tomat lalu timun. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan mayoinnase di atas timun. Sesudahnya, barulah meletakan patty dan keju yang kemudian ditutup dengan potongan roti lainnya.

No comments:

Post a Comment